Minggu, 01 April 2012

Konfigurasi Access Point (TP-LINK Model TD-W8901G)

Acces Point

Access Point yang biasa disingkat dengan AP adalah suatu tempat yang menjadi pusat dari beberapa jaringan komputer tanpa kabel (wireless). Dengan adanya AP ini, akan memudahkan pengguna untuk menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah network jaringan nirkabel.
Untuk melakukan konfgurasi Access Point ini, kita membutuhkan sebuah laptop / komputer dengan kartu jaringan dan didalamnya ada sebuah web browser seperti mozilla, opera, Internet Explorer, dll.
Langkah 1 : Konfigurasi LAN
1. Pasang Antena, Kabel Power adaptor, dan kabel LAN ke port RJ-45 pada AP(Access Point).
2. Pilih mode penggunaan sebagai AP (Access Point).
3. Hubungkan Kabel LAN ke komputer ataupun ke Laptop. Tunggulah beberapa saat.
4. Bukalah web browser anda(Firefox), lalu ketikkan IP defaultnya http://192.168.1.1 (Tertera di belakang AP).
5. Jika berhasil, akan muncul halaman login. Ketikkan pada User Name : admin, Password : admin (Username dan Password Tertera di belakang AP),  lalu tekan tombol OK atau tekan Enter.
6. Layar TP LINK ditampilkan :


Klik Interface Set Up – LAN, lalu pada IGMP Snoop pilih Enabled. Pada Starting IP Addressatur saja IP Addressnya, di sini Saya atur menjadi 192.168.1.10. Lalu Save.


Langkah 2 : Konfigurasi Wireless
1.         Pilih menu Wireless di sebelah kanan Menu LAN.
 
              Kemudian ubahlah nama SSID menjadi nama yang diinginkan, sebagai contoh saya merubahnya menjadi hadynetwork. Pada Authentication Type pilih WPA – PSK dan di Pre-Shared Key Isi Password untuk Wireless Network anda (8-63 Karakter). Lalu Save.

Langkah 3 : Pengamanan Perangkat Access Point
Agar orang lain tidak dapat merubah konfigurasi pada access point kita, sebaiknya AP diberikan password. Untuk melakukannya, klik menu tab Maintenance pada bagian atas. Ketikkan Passwordyang diinginkan, lalu Confirm Password. Klik tombol Save untuk menyimpan konfigurasi.
 
selesai,,,

0 komentar:

Posting Komentar